MANAJEMEN DAN ORGANISASI
A. PENGERTIAN MANAJEMEN
menurut Harold Koontz and Heinz Weihrich , Manajemen adalah proses
penyusunan dan pemeliharaan linkungan dalam mana individu-individu ,
bekrja sama dalam suatu kelompok , yang berupaya memenuhi suatu tujuan
secara efisien . Koontz and Wehrich meluaskan definisi tersebut sebagai
berikut :
1. sebagaimana manajer , orang-orang menjalankan fungsi manajerial
seperti planning , organizing ,stafing ,leading and cotroling .
2. manajemen diberlakukan atas setiap organisasi .
3. fungsi manajerial ditimpakan pada setiap manajer pada level organisasi manapun .
4. manajemen memberi perhatian pada produktivitas .
James A.F Stoner ,R. Edward Freeman and Daniel R. Gilbert ,JR.
mendefinisikan manajemen sebagai proses planing , organizing , leading
dan controlingkerja-kerja para anggota organisasi dan penggunaan sumber
daya organisasi yang tersedia untuk mencapau tujuan organisasi yang ada .
manajemen adalah praktek yang disadari dan terus-menerus guna membentuk
organisasi , setiap organisasi punya orang yang bertanggung jawab guna
membimbing mereka mencapai tujuan . orang ini disebut manajer . sebab
itu ,organisasi haruslah dimanajemen .
menurut Andrew J. Dubrin mirip dengan Stoner , manajemen adalah proses
penggunaan sumberdaya organisasi guna mencapai tujuan organisasi melalui
fungsi-fungso planing , organizing and staffing , leading dan
controlling . definisi manajemen dari Dubrin ini kiranya tidak
terlampaui berbeda dengan definisi -definisi manajemen lainnya .
manajemen menurut definisi Robert Kreitner adalah suatu proses bekerja
dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi
dalam lingkungan yang selalu berubah . ada 5 komponen penting dalam
definisi tersebut yaitu :
1. bekerja dengan dan melalui orang lain ,
2. mencapai tujuan-tujuan organisasi
3. penyeimbangan efektivitas dan efisiensi
4. mencapai hasil yang terbaik dalam keterbatasan sumber daya dan
6. menghadapi lingkungan yang berubah .
B. BENTUK-BENTUK ORGANISASI
1. bentuk organisasi menurut Hanel
merupakan bentuk koperasi atau organisasi yang tanpa memperhatikan
bentuk hukum dan dapat didefinisikan dengan pengertian hukum .
a. suatu sistem sosial ekonomi atau sosial teknik yang t erbuka dan berorientasi pada tujuan ,
b. sub sistem koperasi :
- individu (pemilik dan konsumen akhir )
- pengusaha perorangan atau kelompok
- badan usaha yang melayani anggota dan masyarakat .
2. bentuk organisasi menurut Ropke
koperasi merupakan bentuk organisasi bisnis yang paea anggotanya adalah juga pelanggarab utama dar perusahaan .
a. indentifikasi ciri khusus
- kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
- kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi
- pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota
- koperasi bertugas untuk menumpang kebutuhan oara anggotanya
b. sub sistem
- anggota koperasi
- badan usaha koperasi
- organisasi koperasi
3. bentuk organisasi di Indonesia
merupakan suatu suusnan tanggung jawab para anggotanya yang melalui
hubungan dan kerjasama dalam organisasi perusahaan tersebut .
- bentuk : rapat anggota , pengurus , pengelola dan pengawas
- rapat anggota
- wadah anggota untuk mengambil keputusan
- pemegangan kekuasaan tertinggi dengan tugas
a. penetepan anggaran dasar
b. kebijaksanaan umum
c. pemilihan , pegankatan dan pemberhentian pengurus
d. rencana kerja , rencana budget dan pendapatan serta pengesahan laporan keuangan
e. pengesahaan pertanggung jawaban
f. pembagian SHU
g. penggabungan , penderian dan peleburan
C. HIRARKI TANGGUNG JAWAB
1. pengurus
a. tugas
b. mengelola koperasi dan usahanya \
c. mengajukan rancangan rencana kerja , bugdet dan belanja koperasi
d. menyelenggarakn rapat anggota
e. mengajukan laporan keuangan & pertanggung jawaban
f. maintence daftar anggota dan pengurus
g. wewenang
h, mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan
i. meningkatan peran koperasi
2. pengelola
a. karyawan atau pegawai yang diberikan kuasa & wewenang oleh pengurus
b. untuk mengembangkan usaha dengan efisien & profesional
c. hubungannya dengan pengurus bersifat kontrak kerja
d. diangkat dan diberhentikan oleh pengurus
3. pengawas
a. perangkat organisasi yangdipilih dari anggota dan diberi mandat
untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya organisasi & usaha
koperassi
UU.25 Th 1992 passal 39
a. bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi
b. berwenang untuk meneliti catatan yang ada & mendapatkan segala keterangan yang diperlakukan
D. POLA MANAJEMEN
1. perencanaan
perencanaan merupakan sebuah proses dasar manajemen , dalam perencanaan , manajer memutuskan hal-hal yang harus dilakukan harus dilakukan , setiap organisasi membutuhkan perencanaan , baik organisasi kecil maupun besar . hanya pada pelaksaannya dibutuhkan penyesuaian -penyesuain mengingay bentuk , tujuan dan luas organisasi yang bersangkutan . perencanaan yang baik adalah perencanaan bersifat fleksibel karena perencanaan akan berbeda dalam situasi dan kondisi yang berubah-ubah pada waktu yang akan datang .
2. manajer koperasi
pengorganisasian adalah suatu proses untuk merancang struktur formal . pengelompokan dan mengatur serta memebagi tugas-tugas atau pekerjaa di antara anggota organisasi . hal ini dilakukan agar tujuan organisasi bisa dicapai secara efisien .
3. struktur organisasi
sebagai pengelola koperasi , pengurus menghadapi berbagai bentuk masalah yang harus diselesaikan . masalah yang paling sulit timbul dari dalam dirinya sendiri yaitu berupa keterbatasan . keterbatasan pengetahuan paling sering terjadi karena seorang pengurus diangkat oleh dari anggota . oleh karena itu , belum tentu seorang pengurus merupakan orang yang profesional pada bidang perusahaan .
4. pengarahan
pengarahab merupakan fungsi manajemen yang terpenting karena masing0masing orang yang bekerja dalam suatu organisasi memiliki kepentingan uang berbeda-beda . agar kepentingan yang berbeda-beda tersebut tidak saling berbenturan , pimpinan perusahaan harus dapat mengarahkannya supaya tujuan perusahaan tercapai .
5. pengawasan
pengawasan merupakan usaha sistematik untuk membuat segala kegiatan perusahaan sesuai dengan rencana , pengawasan bisa dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menetapkan standar , membandingkan kegiatan yang dilaksanakan dengan standar yang telah ditetapkan , mengukur penyimpangan-penyimpangan yang terjadi , lalu mengambil tindakan evaluasi jika perlu. setiap perusahaan melakukan pengawasan dengan tujuan agar pelaksanaan kegatan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
sumber :
http://www.anneahira.com/manajemen-koperasi.htm
http://setabasri01.blogspot.com/2010/12/definisi-organisasi-dan-manajemen.html
http://setabasri01.blogspot.com/2010/12/definisi-organisasi-dan-manajemen.html
http://vhi3y4.wordpress.com/2009/12/04/bentuk-organisasi-hirarki-tanggung-jawab-pola-manajemen/
perencanaan merupakan sebuah proses dasar manajemen , dalam perencanaan , manajer memutuskan hal-hal yang harus dilakukan harus dilakukan , setiap organisasi membutuhkan perencanaan , baik organisasi kecil maupun besar . hanya pada pelaksaannya dibutuhkan penyesuaian -penyesuain mengingay bentuk , tujuan dan luas organisasi yang bersangkutan . perencanaan yang baik adalah perencanaan bersifat fleksibel karena perencanaan akan berbeda dalam situasi dan kondisi yang berubah-ubah pada waktu yang akan datang .
2. manajer koperasi
pengorganisasian adalah suatu proses untuk merancang struktur formal . pengelompokan dan mengatur serta memebagi tugas-tugas atau pekerjaa di antara anggota organisasi . hal ini dilakukan agar tujuan organisasi bisa dicapai secara efisien .
3. struktur organisasi
sebagai pengelola koperasi , pengurus menghadapi berbagai bentuk masalah yang harus diselesaikan . masalah yang paling sulit timbul dari dalam dirinya sendiri yaitu berupa keterbatasan . keterbatasan pengetahuan paling sering terjadi karena seorang pengurus diangkat oleh dari anggota . oleh karena itu , belum tentu seorang pengurus merupakan orang yang profesional pada bidang perusahaan .
4. pengarahan
pengarahab merupakan fungsi manajemen yang terpenting karena masing0masing orang yang bekerja dalam suatu organisasi memiliki kepentingan uang berbeda-beda . agar kepentingan yang berbeda-beda tersebut tidak saling berbenturan , pimpinan perusahaan harus dapat mengarahkannya supaya tujuan perusahaan tercapai .
5. pengawasan
pengawasan merupakan usaha sistematik untuk membuat segala kegiatan perusahaan sesuai dengan rencana , pengawasan bisa dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menetapkan standar , membandingkan kegiatan yang dilaksanakan dengan standar yang telah ditetapkan , mengukur penyimpangan-penyimpangan yang terjadi , lalu mengambil tindakan evaluasi jika perlu. setiap perusahaan melakukan pengawasan dengan tujuan agar pelaksanaan kegatan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
sumber :
http://www.anneahira.com/manajemen-koperasi.htm
http://setabasri01.blogspot.com/2010/12/definisi-organisasi-dan-manajemen.html
http://setabasri01.blogspot.com/2010/12/definisi-organisasi-dan-manajemen.html
http://vhi3y4.wordpress.com/2009/12/04/bentuk-organisasi-hirarki-tanggung-jawab-pola-manajemen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar